Berita

Berita - Jemput Bola IKD di Diskominfo

Dispendukcapil Kota Mojokerto

JEMPUT BOLA PENERAPAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL KE DISKOMINFO

Dispendukcapil. Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2022 Tentang Standar Dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, Dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik Serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto menyelenggarakan Kegiatan jemput bola penerapan Identitas Kependudukan Digital untuk seluruh ASN dan Non ASN di Lingkungan Pemerintahan Kota Mojokerto sesuai dengan surat Dirjen Dukcapil Nomor : 470/17865/Dukcapil tanggal 21 November 2022 Perihal Penerapan Identitas Kependudukan Digital Seluruh di Lingkungan Pemerintahan Kota Mojokerto dan Non ASN harus terlebih dahulu dapat menggunakan dan menguasai Aplikasi Identitas Kependudukan Digital sebelum diterapkan ke seluruh masyarakat Kota. Kegiatan tersebut dimulai dari Diskominfo pada hari  Jum’at, 09 Desember 2022 yang ada Gedung MPP Gajah Mada Lantai 2 Jl.Gajah Mada Nomor 100 Kota Mojokerto.

Identitas Kependudukan Digital adalah Aplikasi berbasis Android yang berisi informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan Dokumen Kependudukan dan data balikan yang menampilkan Data Pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. Dokumen kependudukan yang dapat diakses melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital antara lain KTP, Kartu Keluarga(KK) sedangkan untuk data balikan seperti Kartu Vaksin, NPWP, Kepemilikan Kendaraan, Data Kepegawaian BKN dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Adapun tujuan dari penerapan Identitas Kependudukan Digital adalah untuk mengikuti penerapan teknologi informasi dan komunikasi mengenai digitalisasi kependudukan, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan bagi Penduduk, mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital dan Mengamankan kepemilikan Identitas Kependudukan Digital melalui sistem autentikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data.