Berita

Berita - Dispendukcapil Kota Mojokerto Optimalisasi Pemanfaatan KIA dengan Kerapu Enak

Dispendukcapil Kota Mojokerto

DISPENDUKCAPIL Kota Mojokerto juga terus mengoptimalkan cakupan pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA). Untuk meningkatkan animo masyarakat, maka diterapkan program Kerapu Enak atau Kerja Sama Pemanfaatan Kartu Identitas Anak.

Kepala Dispendukcapil Kota Mojokerto Ikromul Yasak memaparkan, inovasi Kerapu Enak mampu menjawab tuntutan masyarakat dalam upaya memaksimalkan fungsi KIA untuk membantu pemenuhan kebutuhan anak. Karena itu, pihaknya menggandeng mitra usaha dari berbagai bidang untuk bekerjsama pemanfaatan KIA. ”Jadi KIA bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pelayanan khusus di mitra usaha yang sudah bekerja sama denga dispenukcapil,” terangnya.

Layanan khusus itu berupa diskon harga untuk pembelian barang maupun jasa di masing-masing mitra usaha. Sejauh ini, kata Yasak, Dispendukcapil Kota Mojokerto telah menggandeng 10 sektor usaha terkait pemanfaatan KIA. ”Kerja sama pemanfaatan KIA akan terus kami perluas pada sektor usaha lain dalam lingkup sektor wisata, restoran, dan kepolisian berkaitan dengan kebutuhan anak,” ulasnya.

Melalui inovasi tersebut juga mampu meningkatkan animo masyarakat Kota Mojokerto untuk mengurus KIA bagi buah hatinya. Terlabih, saat ini, KIA juga menjadi persyaratan untuk keperluan di bidang pelayanan maupun jasa lainnya. ”Jadi KIA bisa dimanfaatkan, tak hanya disimpan di dompet” imbuhnya.

Di sisi lain, Dispendukcapil Kota Mojokerto juga bekerja sama dengan rumah sakit (RS) fasilitas kesehatan (faskes). Masing-masing akan mengurus administrasi kependudukan bagi setiap bayi baru lahir akan langsung melalui Bu Ika Gemilang atau Bekerja Sama untuk Identifikasi, Kawal Anak Lahir segera Miliki Indentitas Langsung. ”Dalam 1×24 ja, bayi baru lahir akan punya akta kelahiran, perubahan KK, sekaligus KIA,” pungkasnya.

Sehingga, orang tua tidak perlu repot untuk mengurus ke pelayanan adminduk di MPP Gajah Mada. Dokumen kependudukan juga akan diantarkan langsung oleh petugas. (ram/ron)

Sumber: radarmojokerto.jawapos.com