Informasi

KERAPU ENAK

“KERAPU ENAK” ...APA ITU ??????

INOVASI BARU Tahun 2021 "KERAPU ENAK" (Kerjasama Pemanfaatan Kartu Identitas Anak/KIA).

Kegiatan “KERAPU ENAK”  bertujuan untuk mengajak para pelaku usaha agar ikut berpartisipasi dalam rangka optimalisasi fungsi dari Kartu Identitas Anak (KIA), tidak hanya sekedar berupa kartu identitas resmi Anak usia 0-17 thn (kurang 1 hari) saja, tetapi KIA akan mampu memberi nilai tambah bagi pemiliknya.

Untuk dapat memberi nilai tambah KIA harus memiliki fungsi ekonomi, sehingga bisa digunakan dalam proses transaksi jual beli. KIA dapat digunakan sebagai Kartu Diskon (Potongan Harga) dalam proses transaksi di toko-toko yang telah bermitra dengan Disdukcapil Kota Mojokerto. Karena pemegang KIA adalah anak-anak usia sekolah, maka sektor usaha yang diajak bermitra tentu saja yang diprioritaskan adalah yang ada kaitannya dengan kebutuhan sekolah anak. Namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kerja sama dengan sektor usaha lainnya dalam lingkup yang lebih luas seperti sektor wisata, warung makan/restoran, tempat bermain anak, dsb, tetapi tetap saja harus ada kaitannya dengan kebutuhan anak secara umum.

Disdukcapil Kota Mojokerto tidak akan memaksakan jenis barang dan besaran diskon yang harus diberikan oleh mitra kerjanya kepada pemilik KIA, tetapi sepenuhnya membebaskan mereka untuk menentukan sendiri baik jenis maupun besaran diskon yang akan mereka berikan nantinya. Sebab pola kemitraan ini pada prinsipnya adalah harus tetap saling menguntungkan, tidak ada yang dirugikan, namun tetap harus mampu memberikan nilai tambah pada KIA dalam membantu orang tua yang tidak mampu dalam pemenuhan kebutuhan anak-anak mereka.

Dengan adanya kerja sama kemitraan ini nantinya diharapkan animo masyarakat Kota Mojokerto dalam mengurus dokumen KIA-nya akan semakin meningkat, sehingga target agar seluruh anak di Kota Mojokerto memiliki KIA bisa lebih cepat tercapai. Sedangkan keuntungan yang akan diperoleh oleh pelaku usaha yang menjadi mitra kerja akan memperoleh promosi gratis dari Disdukcapil Kota Mojokerto yang kerap melakukan kegiatan sosialisasi ke berbagai tempat dan kelompok masyarakat, baik secara langsung maupun melalui melalui media cetak dan elektronik. Keuntungan lainnya adalah mitra kerja diizinkan untuk melakukan promosi sendiri berupa penempatan banner iklan di lingkungan perkantoran Disdukcapil Kota Mojokerto terkait dengan diskon KIA ini. Bagi anak-anak pemilik KIA dan orang tuanya pada akhirnya akan mendapat keuntungan berupa keringanan harga/biaya dalam pemenuhan kebutuhan sekolah dan kebutuhan anak lainnya. Tahun 2021 Dispenduk Pencapil Kota Mojokerto target dapat menggandeng 5 mitra usaha untuk bekerjasama pemanfaatan KIA dan akan bertambah dalam setiap tahunnya. Yang sudah terlaksana adalah kerjasama dengan :

1.  Warung Cak Muk (PKS mulai 11-12-2020) dengan memberikan potongan discount 20 % dan saat ini proses perpanjangan PKS dengan memberikan potongan discount 10 %.

2.  BRI Cabang Mojokerto (PKS mulai 23-11-2020) dimana untuk pembukaan rekening baru langsung  dengan nama anak yang bersangkutan tidak lagi dengan QQ nama orang tua.

3. Toko ATK Surya sudah berkenan melakukan PKS masih dalam proses permohonan waktu untuk koordinasi antara owner dengan petugas Dispenduk

4.  Tempat bermain anak-Game Fantasia memberikan bonus pulsa game sebesar 10k setiap transaksi 80k. 

Kegiatan Lain