BIDANG PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Tugas

Bidang Pelayanan Administradi Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan kebijakan dibidang pelayanan administrasi kependudukan serta tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.

Fungsi

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut diatas bidang pelayanan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan perencanaan pelayanan pendaftaran dan pencatatan sipil;.
  2. Perumusan kebijakan teknis pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;
  3. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;
  4. Pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;
  5. Pelaksanaan penerbitan dokumen kependudukan yang meliputi pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;
  6. Pelaksanaan pendokumentasian hasil pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;
  7. Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;
  8. Penetapan norma, standar, prosedur dan kriteria penyelenggaraan pengendalian kuantitas, pengembangan kualitas, pengarahan mobilitas dan persebaran penduduk serta perlindungan penduduk;
  9. Pelaksanaan standar pelayanan minimal bidang kependudukan dan mobilitas penduduk;
  10. Pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA) dan Dokumen Pelaaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA);
  11. Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  12. Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dan;
  13. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya..

Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan terdiri atas 2 (dua) seksi, meliputi :

  1. Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk;
  2. Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil.