Visi Misi

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL

KOTA MOJOKERTO

 

I.VISI

Terwujudnya Pelayanan Prima menuju Tertib Administrasi Kependudukan.

 

II.MISI

  1. Mewujudkan Pelayanan Prima kepada masyarakat
  2. Mewujudkan Sumber Informasi Kependudukan yg akurat bagi Publik dan Pemerintah.
  3. Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan.

 

III.TUJUAN

  1. Meningkatkan pelayanan publik (yang mudah, tepat, cepat dan ramah).
  2. Terwujudnya Sumber Informasi Kependudukan yg akurat bagi Publik dan Pemerintah.
  3. Meningkatnya Tertib Administrasi Kependudukan.

 

IV.SASARAN

  1. Meningkatnya kewajiban masyarakat yang ber Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebesar 90%.
  2. Meningkatnya Kewajiban masyarakat yang ber Kartu Keluarga (KK) sebesar 90%.
  3. Meningkatnya kewajiban masyarakat yang mempunyai Akta Catatan Sipil sebesar 70%
  4. Meningkatnya kualitas data/informasi kependudukan sebesar 20% tiap tahun
  5. Meningkatnya pemahaman masyarakat tentang prosedur pengurusan KTP sebesar 90%.
  6. Meningkatnya penataan arsip Akta Catatan Sipil/Dokumen Negara sebesar 90%.
  7. Tersedianya sarana pendukung berupa terbangunnya jaringan tower on-line data kependudukan di 18 Kelurahan dan 2 Kec.

V.STRATEGI

  1. Tingkatkan kompetensi SDM pelayanan, sarana dan prasarana di bidang pelayanan.
  2. Mengoptimalkan Kelurahan dan Kecamatan untuk meningkatkan kualitas data/informasi kependudukan .
  3. Mengoptimalkan Sosialisasi tentang Administrasi Kependudukan.

 

VI.KEBIJAKAN

  1. Melaksanakan Pelayanan Prima (yang mudah, tepat, cepat dan ramah).
  2. Mewujudkan System Informasi Kependudukan yang Akurat secara on-line.
  3. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya Administrasi Kependudukan.

Tugas

Bidang pelayanan mempunyai tugas melaksanakan pencatatan sipil dan pendaftaran penduduk bagi WNI dan WNA serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala dinas.

Fungsi

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut diatas bidang pelayanan mempunyai fungsi :

1.     Pencatatan dan penerbitan KTP dan KK.

2.     Pencatatan dan penerbitan Kutipan Akta Kelahiran.

3.     Pencatatan dan penerbitan Kutipan Akta Perkawinan.

4.     Pencatatan dan penerbitan Kutipan Akta Perceraian

5.     Pencatatan dan penerbitan Kutipan Akta Pengakuan Anak, Pengesahan Anak dan Pengangkatan Anak.

6.     Pencatatan dan penerbitan Kutipan Akta Kematian.

7.     Pencatatan Lahir Mati.

8.     Pencatatan perubahan status Kewarganegaraan

9.     Pencatatan perubahan dan pembatalan Akta.

10.  Pencatatan peristiwa penting lainnya.

Bidang pelayanan terdiri atas 3 (tiga) seksi, meliputi :

1.     Seksi Pendaftaran Penduduk

2.     Seksi Kelahiran dan Kematian

3.     Seksi Perkawinan dan Perceraian